SILABUS FISIKA KELAS XI IPA SMAN 1 KAPUAS MURUNG SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2011/2012
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik
Kompetensi Dasar | Materi | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Nilai Karakter | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber / Bahan / Alat |
Menganalisis gerak lurus, gerak melingkar, dan gerak parabola menggunakan vektor. | Gerak lurus, gerak melingkar, dan gerak peluru dengan analisis vektor | Siswa dibimbing guru mengerjakan Lembar Kerja Siswa yang mengarahkan siswa untuk menguasai kemampuan tentang : ® Menggunakan analisis vektor pada gerak lurus. ® Menerapkan konsep turunan dan integral pada analisis gerak lurus. ® Mendeskripsikan konsep vektor pada gerak melingkar. ® Menerapkan konsep turunan dan integral pada analisis gerak melingkar. ® Mendeskripsikan konsep vektor pada gerak peluru. ® Memformulasikan persamaan pada gerak peluru. ® Menerapkan analisis vektor untuk memecahkan masalah yang relevan. Lanjutan : ulangan, remidial, dan pengayaan. | Siswa mampu melakukan kerja kelompok dan individu agar memiliki kemampuan dalam hal : ® Menganalisis gerak lurus dengan menggunakan vektor. ® Menganalisis gerak melingkar dengan menggunakan vektor. ® Menganalisis gerak peluru menggunakan vektor. | Jujur Toleransi Disiplin Kerja Keras Kreatif Mandiri Demokratis Rasa Ingin Tahu Komunikatif Tanggung Jawab | Penilaian Kerja Tes Tertulis | 14 JP | Sumber : Buku Fisika SMA Kelas XI IPA Bahan : Lembar Kerja Siswa |
Menganalisis keteraturan gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum-hukum Newton. | Gaya Gravitasi | Siswa dibimbing guru mengerjakan Lembar Kerja Siswa yang mengarahkan siswa untuk menguasai kemampuan tentang : ® Mendeskripsikan hukum gravitasi Newton. ® Memformulasikan gaya gravitasi berdasarkan hukum Newton. ® Mendeskripsikan konsep medan gravitasi dan percepatan gravitasi. ® Memformulasikan konsep medan gravitasi dan percepatan gravitasi. ® Mendeskripsikan konsep berat. ® Mendeskripsikan hukum 1 Kepler. ® Mendeskripsikan hukum 2 Kepler. ® Mendeskripsikan hukum 3 Kepler. ® Memformulasikan hukum 3 Kepler. ® Menerapkan konsep gravitasi untuk memecahkan masalah yang relevan. Lanjutan : ulangan, remidial, dan pengayaan. | Siswa mampu melakukan kerja kelompok dan individu agar memiliki kemampuan dalam hal : ® Menganalisis hubungan antara gaya gravitasi dengan massa benda dan jaraknya. ® Menganalisis resultan gaya gravitasi dan percepatan gravitasi pada kedudukan berbeda. ® Menganalisis gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum Kepler. | Jujur Toleransi Disiplin Kerja Keras Kreatif Mandiri Demokratis Rasa Ingin Tahu Komunikatif Tanggung Jawab | Penilaian Kerja Tes Tertulis | 10 JP | Sumber : Buku Fisika SMA Kelas XI IPA Bahan : Lembar Kerja Siswa |
Menganalisis pengaruh gaya pada sifat elastisitas bahan. | Elastisitas | Siswa dibimbing guru mengerjakan Lembar Kerja Siswa yang mengarahkan siswa untuk menguasai kemampuan tentang : ® Mengidentifikasi sifat elastisitas benda. ® Mendeskripsikan konsep modulus elastisitas. ® Memformulasikan konsep modulus elastisitas. ® Mendeskripsikan hukum Hooke. ® Memformulasikan hukum Hooke. ® Mengintegrasikan hukum Hooke pada susunan pegas secara seri. ® Mengintegrasikan hukum Hooke pada susunan pegas secara paralel. ® Mendeskripsikan konsep energi pegas. ® Memformulasikan konsep energi pegas. ® Menerapkan konsep elastisitas untuk memecahkan masalah yang relevan. Lanjutan : ulangan, remidial, dan pengayaan. | Siswa mampu melakukan kerja kelompok dan individu agar memiliki kemampuan dalam hal : ® Menganalisis karakteristik gaya pada benda elastis. ® Menganalisis modulus elastisitas. ® Menganalisis hukum Hooke pada pegas. | Jujur Toleransi Disiplin Kerja Keras Kreatif Mandiri Demokratis Rasa Ingin Tahu Komunikatif Tanggung Jawab | Penilaian Kerja Tes Tertulis | 8 JP | Sumber : Buku Fisika SMA Kelas XI IPA Bahan : Lembar Kerja Siswa Alat : Gelang Karet Beban Neraca pegas |
Menganalisis hubungan antara gaya dengan gerak getaran. | Gerak Harmonik | Siswa dibimbing guru mengerjakan Lembar Kerja Siswa yang mengarahkan siswa untuk menguasai kemampuan tentang : ® Mendeskripsikan konsep gerak harmonik. ® Mengidentifikasi gerak yang termasuk gerak harmonik. ® Mendeskripsikan karakteristik gerak getaran pada pegas. ® Mendeskripsikan karakteristik gerak getaran pada bandul. ® Memformulasikan hubungan antara periode pegas dengan massa beban. ® Memformulasikan hubungan antara periode bandul dengan panjang tali bandul. ® Memformulasikan konsep simpangan pada gerak harmonik. ® Memformulasikan konsep kecepatan pada gerak harmonik. ® Memformulasikan konsep percepatan pada gerak harmonik. ® Menerapkan konsep gerak harmonik untuk memecahkan masalah yang relevan. Lanjutan : ulangan, remidial, dan pengayaan. | Siswa mampu melakukan kerja kelompok dan individu agar memiliki kemampuan dalam hal : ® Menganalisis karakteristik gerak pada getaran pegas dan bandul. ® Menganalisis hubungan periode getaran dengan massa beban dan panjang tali. ® Menganalisis simpangan, kecepatan, dan percepatan pada gerak getaran. | Jujur Toleransi Disiplin Kerja Keras Kreatif Mandiri Demokratis Rasa Ingin Tahu Komunikatif Tanggung Jawab | Penilaian Kerja Tes Tertulis | 8 JP | Sumber : Buku Fisika SMA Kelas XI IPA Bahan : Lembar Kerja Siswa Alat : Gelang karet Beban Tali Bandul Stop watch Penggaris |
Menganalisis hubungan antara usaha, perubahan energi dengan hukum kekekalan energi mekanik. | Usaha dan energi | Siswa dibimbing guru mengerjakan Lembar Kerja Siswa yang mengarahkan siswa untuk menguasai kemampuan tentang : ® Mendeskripsikan konsep usaha. ® Merumuskan konsep usaha. ® Mendeskripsikan konsep energi potensial. ® Memformulasikan konsep energi potensial. ® Mendeskripsikan konsep energi kinetik. ® Memformulasikan konsep energi kinetik. ® Mendeskripsikan usaha yang terjadi karena perubahan energi. ® Memformulasikan konsep usaha akibat perubahan energi. ® Mendeskripsikan konsep energi mekanik. ® Memformulasikan konsep energi mekanik. ® Mendeskripsikan konsep daya. ® Memformulasikan konsep daya. ® Menerapkan konsep usaha dan energi untuk memecahkan masalah yang relevan. Lanjutan : ulangan, remidial, dan pengayaan. | Siswa mampu melakukan kerja kelompok dan individu agar memiliki kemampuan dalam hal : ® Menganalisis hubungan antara usaha, gaya, dan perpindahan. ® Menganalisis konsep energi potensial dan kinetik. ® Menganalisis hubungan antara usaha dan energi. ® Menganalisis konsep energi mekanik. | Jujur Toleransi Disiplin Kerja Keras Kreatif Mandiri Demokratis Rasa Ingin Tahu Komunikatif Tanggung Jawab | Penilaian Kerja Tes Tertulis | 10 JP | Sumber : Buku Fisika SMA Kelas XI IPA Bahan : Lembar Kerja Siswa |
Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik untuk menganalisis gerak dalam kehidupan sehari-hari. | Hukum kekekalan energi mekanik | Siswa dibimbing guru mengerjakan Lembar Kerja Siswa yang mengarahkan siswa untuk menguasai kemampuan tentang : ® Mengidentifikasi kejadian-kejadian yang terkait konsep kekekalan energi mekanik. ® Mengintegrasikan konsep kekekalan energi mekanik pada gerak jatuh bebas. ® Mengintegrasikan konsep kekekalan energi mekanik pada bidang miring. ® Mengintegrasikan konsep kekekalan energi mekanik pada gerak harmonik sederhana. ® Menerapkan konsep kekekalan energi mekanik untuk memecahkan masalah yang relevan. Lanjutan : ulangan, remidial, dan pengayaan. | Siswa mampu melakukan kerja kelompok dan individu agar memiliki kemampuan dalam hal : ® Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik pada berbagai gerak benda. | Jujur Toleransi Disiplin Kerja Keras Kreatif Mandiri Demokratis Rasa Ingin Tahu Komunikatif Tanggung Jawab | Penilaian Kerja Tes Tertulis | 6 JP | Sumber : Buku Fisika SMA Kelas XI IPA Bahan : Lembar Kerja Siswa |
Menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum untuk menyelesaikan masalah tumbukan. | Impuls dan momentum | Siswa dibimbing guru mengerjakan Lembar Kerja Siswa yang mengarahkan siswa untuk menguasai kemampuan tentang : ® Mendeskripsikan konsep momentum. ® Memformulasikan konsep momentum. ® Mendeskripsikan konsep impuls. ® Memformulasikan konsep impuls. ® Mengidentifikasi kejadian-kejadian yang terkait konsep impuls dan momentum. ® Memformulasikan konsep kekekalan momentum berdasarkan kekekalan energi. ® Mengidentifikasi jenis-jenis tumbukan. ® Mengintegrasikan konsep kekekalan momentum pada peristiwa tumbukan lenting sempurna. ® Mengintegrasikan konsep kekekalan momentum pada peristiwa tumbukan lenting sebagian. ® Mengintegrasikan konsep kekekalan momentum pada peristiwa tumbukan tak lenting. ® Menerapkan konsep impuls dan momentum untuk memecahkan masalah yang relevan. Lanjutan : ulangan, remidial, dan pengayaan. | Siswa mampu melakukan kerja kelompok dan individu agar memiliki kemampuan dalam hal : ® Menganalisis konsep impuls dan momentum, keterkaitan antara keduanya, dan aplikasinya dalam kehidupan. ® Menganalisis hukum kekekalan momentum untuk sistem tanpa gaya luar. ® Menganalisis peristiwa tumbukan berdasarkan hukum kekekalan momentum. | Jujur Toleransi Disiplin Kerja Keras Kreatif Mandiri Demokratis Rasa Ingin Tahu Komunikatif Tanggung Jawab | Penilaian Kerja Tes Tertulis | 8 JP | Sumber : Buku Fisika SMA Kelas XI IPA Bahan : Lembar Kerja Siswa Alat : Bola tenis Mobil-mobilan Jarum Gabus |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar