Jumat, 11 November 2011

Contoh Silabus Berkarakter (Fisika XI IPA Ganjil)

Berikut adalah contoh silabus Fisika SMA yang saya gunakan sebagai perangkat ajar. Untuk silabus lengkapnya, silahkan menghubungi email saya : www.abiyiyai@yahoo.com atau silahkan menghubungi nomor 085249106725. Terima kasih.

SILABUS FISIKA KELAS XI IPA SMAN 1 KAPUAS MURUNG SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2011/2012

Standar Kompetensi : 1. Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik
Kompetensi Dasar
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Nilai Karakter
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber / Bahan / Alat
Menganalisis gerak lurus, gerak melingkar, dan gerak parabola menggunakan vektor.
Gerak lurus, gerak melingkar, dan gerak peluru dengan analisis vektor
Siswa dibimbing guru mengerjakan Lembar Kerja Siswa yang mengarahkan siswa untuk menguasai kemampuan tentang :
®    Menggunakan analisis vektor pada gerak lurus.
®    Menerapkan konsep turunan dan integral pada analisis gerak lurus.
®    Mendeskripsikan konsep vektor pada gerak melingkar.
®    Menerapkan konsep turunan dan integral pada analisis gerak melingkar.
®    Mendeskripsikan konsep vektor pada gerak peluru.
®    Memformulasikan persamaan pada gerak peluru.
®    Menerapkan analisis vektor untuk memecahkan masalah yang relevan.
Lanjutan : ulangan, remidial, dan pengayaan.

Siswa mampu melakukan kerja kelompok dan individu agar memiliki kemampuan dalam hal :
®    Menganalisis gerak lurus dengan menggunakan vektor.
®    Menganalisis gerak melingkar dengan menggunakan vektor.
®  Menganalisis gerak peluru menggunakan vektor.
Jujur
Toleransi
Disiplin
Kerja Keras
Kreatif
Mandiri
Demokratis
Rasa Ingin Tahu
Komunikatif
Tanggung Jawab
Penilaian Kerja
Tes Tertulis
14 JP
Sumber :
Buku Fisika SMA Kelas XI IPA

Bahan :
Lembar Kerja Siswa
Menganalisis keteraturan gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum-hukum Newton.
Gaya Gravitasi
Siswa dibimbing guru mengerjakan Lembar Kerja Siswa yang mengarahkan siswa untuk menguasai kemampuan tentang :
®    Mendeskripsikan hukum gravitasi Newton.
®    Memformulasikan gaya gravitasi berdasarkan hukum Newton.
®    Mendeskripsikan konsep medan gravitasi dan percepatan gravitasi.
®    Memformulasikan konsep medan gravitasi dan percepatan gravitasi.
®    Mendeskripsikan konsep berat.
®    Mendeskripsikan hukum 1 Kepler.
®    Mendeskripsikan hukum 2 Kepler.
®    Mendeskripsikan hukum 3 Kepler.
®    Memformulasikan hukum 3 Kepler.
®    Menerapkan konsep gravitasi untuk memecahkan masalah yang relevan.
Lanjutan : ulangan, remidial, dan pengayaan.

Siswa mampu melakukan kerja kelompok dan individu agar memiliki kemampuan dalam hal :
®     Menganalisis hubungan antara gaya gravitasi dengan massa benda dan jaraknya.
®     Menganalisis resultan gaya gravitasi dan percepatan gravitasi pada kedudukan berbeda.
®     Menganalisis gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum Kepler.

Jujur
Toleransi
Disiplin
Kerja Keras
Kreatif
Mandiri
Demokratis
Rasa Ingin Tahu
Komunikatif
Tanggung Jawab
Penilaian Kerja
Tes Tertulis
10 JP
Sumber :
Buku Fisika SMA Kelas XI IPA



Bahan :
Lembar Kerja Siswa
Menganalisis pengaruh gaya pada sifat elastisitas bahan.
Elastisitas
Siswa dibimbing guru mengerjakan Lembar Kerja Siswa yang mengarahkan siswa untuk menguasai kemampuan tentang :
®     Mengidentifikasi sifat elastisitas benda.
®     Mendeskripsikan konsep modulus elastisitas.
®     Memformulasikan konsep modulus elastisitas.
®     Mendeskripsikan hukum Hooke.
®     Memformulasikan hukum Hooke.
®     Mengintegrasikan hukum Hooke pada susunan pegas secara seri.
®     Mengintegrasikan hukum Hooke pada susunan pegas secara paralel.
®     Mendeskripsikan konsep energi pegas.
®     Memformulasikan konsep energi pegas.
®     Menerapkan konsep elastisitas  untuk memecahkan masalah yang relevan.
Lanjutan : ulangan, remidial, dan pengayaan.

Siswa mampu melakukan kerja kelompok dan individu agar memiliki kemampuan dalam hal :
® Menganalisis karakteristik gaya pada benda elastis.
® Menganalisis modulus elastisitas.
® Menganalisis hukum Hooke pada pegas.
Jujur
Toleransi
Disiplin
Kerja Keras
Kreatif
Mandiri
Demokratis
Rasa Ingin Tahu
Komunikatif
Tanggung Jawab
Penilaian Kerja
Tes Tertulis
8 JP
Sumber :
Buku Fisika SMA Kelas XI IPA

Bahan :
Lembar Kerja Siswa

Alat :
Gelang Karet
Beban
Neraca pegas
Menganalisis hubungan antara gaya dengan gerak getaran.
Gerak Harmonik
Siswa dibimbing guru mengerjakan Lembar Kerja Siswa yang mengarahkan siswa untuk menguasai kemampuan tentang :
®     Mendeskripsikan konsep gerak harmonik.
®     Mengidentifikasi gerak yang termasuk gerak harmonik.
®     Mendeskripsikan karakteristik gerak getaran pada pegas.
®     Mendeskripsikan karakteristik gerak getaran pada bandul.
®     Memformulasikan hubungan antara periode pegas dengan massa beban.
®     Memformulasikan hubungan antara periode bandul dengan panjang tali bandul.
®     Memformulasikan konsep simpangan pada gerak harmonik.
®     Memformulasikan konsep kecepatan  pada gerak harmonik.
®     Memformulasikan konsep percepatan pada gerak harmonik.
®     Menerapkan konsep gerak harmonik untuk memecahkan masalah yang relevan.
Lanjutan : ulangan, remidial, dan pengayaan.

Siswa mampu melakukan kerja kelompok dan individu agar memiliki kemampuan dalam hal :
® Menganalisis karakteristik gerak pada getaran pegas dan bandul.
® Menganalisis hubungan periode getaran dengan massa beban dan panjang tali.
® Menganalisis simpangan, kecepatan, dan percepatan pada gerak getaran.
Jujur
Toleransi
Disiplin
Kerja Keras
Kreatif
Mandiri
Demokratis
Rasa Ingin Tahu
Komunikatif
Tanggung Jawab
Penilaian Kerja
Tes Tertulis
8 JP
Sumber :
Buku Fisika SMA Kelas XI IPA

Bahan :
Lembar Kerja Siswa

Alat :
Gelang karet
Beban
Tali
Bandul
Stop watch
Penggaris
Menganalisis hubungan antara usaha, perubahan energi dengan hukum kekekalan energi mekanik.
Usaha dan energi
Siswa dibimbing guru mengerjakan Lembar Kerja Siswa yang mengarahkan siswa untuk menguasai kemampuan tentang :
®     Mendeskripsikan konsep usaha.
®     Merumuskan konsep usaha.
®     Mendeskripsikan konsep energi potensial.
®     Memformulasikan konsep energi potensial.
®     Mendeskripsikan konsep energi kinetik.
®     Memformulasikan konsep energi kinetik.
®     Mendeskripsikan usaha yang terjadi karena perubahan energi.
®     Memformulasikan konsep usaha akibat perubahan energi.
®     Mendeskripsikan konsep energi mekanik.
®     Memformulasikan konsep energi mekanik.
®     Mendeskripsikan konsep daya.
®     Memformulasikan konsep daya.
®     Menerapkan konsep usaha dan energi untuk memecahkan masalah yang relevan.
Lanjutan : ulangan, remidial, dan pengayaan.

Siswa mampu melakukan kerja kelompok dan individu agar memiliki kemampuan dalam hal :
®   Menganalisis hubungan antara usaha, gaya, dan perpindahan.
®   Menganalisis konsep energi potensial dan kinetik.
®   Menganalisis hubungan antara usaha dan energi.
®   Menganalisis konsep energi mekanik.

Jujur
Toleransi
Disiplin
Kerja Keras
Kreatif
Mandiri
Demokratis
Rasa Ingin Tahu
Komunikatif
Tanggung Jawab
Penilaian Kerja
Tes Tertulis
10 JP
Sumber :
Buku Fisika SMA Kelas XI IPA

Bahan :
Lembar Kerja Siswa
Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik untuk menganalisis gerak dalam kehidupan sehari-hari.
Hukum kekekalan energi mekanik
Siswa dibimbing guru mengerjakan Lembar Kerja Siswa yang mengarahkan siswa untuk menguasai kemampuan tentang :
®     Mengidentifikasi kejadian-kejadian yang terkait konsep kekekalan energi mekanik.
®     Mengintegrasikan konsep kekekalan energi mekanik pada gerak jatuh bebas.
®     Mengintegrasikan konsep kekekalan energi mekanik pada  bidang miring.
®     Mengintegrasikan konsep kekekalan energi mekanik pada gerak harmonik sederhana.
®     Menerapkan konsep kekekalan energi mekanik untuk memecahkan masalah yang relevan.
Lanjutan : ulangan, remidial, dan pengayaan.

Siswa mampu melakukan kerja kelompok dan individu agar memiliki kemampuan dalam hal :
®     Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik pada berbagai gerak benda.
Jujur
Toleransi
Disiplin
Kerja Keras
Kreatif
Mandiri
Demokratis
Rasa Ingin Tahu
Komunikatif
Tanggung Jawab
Penilaian Kerja
Tes Tertulis
6 JP
Sumber :
Buku Fisika SMA Kelas XI IPA

Bahan :
Lembar Kerja Siswa
Menunjukkan hubungan antara konsep impuls dan momentum untuk menyelesaikan masalah tumbukan.
Impuls dan momentum
Siswa dibimbing guru mengerjakan Lembar Kerja Siswa yang mengarahkan siswa untuk menguasai kemampuan tentang :
®     Mendeskripsikan konsep momentum.
®     Memformulasikan konsep momentum.
®     Mendeskripsikan konsep impuls.
®     Memformulasikan konsep impuls.
®     Mengidentifikasi kejadian-kejadian yang terkait konsep impuls dan momentum.
®     Memformulasikan konsep kekekalan momentum berdasarkan kekekalan energi.
®     Mengidentifikasi jenis-jenis tumbukan.
®     Mengintegrasikan konsep kekekalan momentum pada peristiwa tumbukan lenting sempurna.
®     Mengintegrasikan konsep kekekalan momentum pada peristiwa tumbukan lenting sebagian.
®     Mengintegrasikan konsep kekekalan momentum pada peristiwa tumbukan tak lenting.
®     Menerapkan konsep impuls dan momentum untuk memecahkan masalah yang relevan.
Lanjutan : ulangan, remidial, dan pengayaan.

Siswa mampu melakukan kerja kelompok dan individu agar memiliki kemampuan dalam hal :
®     Menganalisis konsep impuls dan momentum, keterkaitan antara keduanya, dan aplikasinya dalam kehidupan.
®     Menganalisis hukum kekekalan momentum untuk sistem tanpa gaya luar.
®     Menganalisis peristiwa tumbukan berdasarkan hukum kekekalan momentum.
Jujur
Toleransi
Disiplin
Kerja Keras
Kreatif
Mandiri
Demokratis
Rasa Ingin Tahu
Komunikatif
Tanggung Jawab
Penilaian Kerja
Tes Tertulis
8 JP
Sumber :
Buku Fisika SMA Kelas XI IPA

Bahan :
Lembar Kerja Siswa

Alat :
Bola tenis
Mobil-mobilan
Jarum
Gabus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar