Selasa, 22 November 2011

Contoh Modul PR Fisika XI IPA Semester Ganjil

Berikut hanya contoh modul pekerjaan rumah (PR) siswa kelas XI IPAsemester ganjil tahun 2011/2012 yang saya gunakan. Untuk modul lengkap silahkan hubungi email saya di www.abiyiyai@yahoo.com atau silahkan hubungi no. 085249106725. Terima kasih...


MODUL PR 1
(Analisis vektor pada gerak lurus)

Kompetensi Dasar : Menganalisis gerak lurus, gerak melingkar, dan gerak parabola menggunakan vektor

1.             Sebuah titik pada diagram kartesius bergerak dengan fungsi r = (t3)i + (-2t2)j + (4)k meter. Tentukan kecepatan sesaat benda saat t = 2 sekon!
Petunjuk : Turunkan fungsi r untuk mendapatkan fungsi v, kemudian masukkan nilai t ke fungsi v.
2.             Diketahui sebuah motor bergerak dengan fungsi r = (⅓ t2) meter. Hitunglah kecepatan rata-rata motor dari detik ke 3 sampai detik ke 6!
Petunjuk : Tentukan dulu perpindahan yang dialami motor dengan memasukkan nilai t pada fungsi r dan menghitung selisih posisi diantara selang waktu yang tersebut. Kemudian perpindahan bagikan dengan selang waktu.
3.             Sebuah titik pada diagram kartesius bergerak dengan fungsi r = (2t3)i + (t2)j +  (-3)k meter. Tentukan percepatan sesaat benda saat t = 2 sekon!
Petunjuk : Turunkan fungsi r untuk mendapatkan fungsi v, turunkan lagi fungsi v untuk mendapatkan fungsi a, kemudian masukkan nilai t ke fungsi a.
4.             Diketahui sebuah mobil bergerak dengan fungsi kecepatan v = (3t2) m/s. Hitunglah percepatan rata-rata mobil dari detik ke 1 sampai detik ke 5!
Petunjuk : Tentukan dulu perubahan kecepatan yang dialami mobil dengan memasukkan nilai t pada fungsi v dan menghitung selisih kecepatan diantara selang waktu yang tersebut. Kemudian perubahan kecepatan bagikan dengan selang waktu.
5.             Seekor serangga berjalan lurus dengan fungsi kecepatan v = (⅛ t-1)  m/s. Berapakah jarak yang ditempuh serangga setelah 4 detik dihitung dari posisi awal serangga berjalan?
Petunjuk : Integralkan fungsi v untuk mendapatkan fungsi r, kemudian masukkan nilai t ke fungsi r.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar